Library 2.0 dan Dampaknya dalam Pengembangan Aplikasi dan Layanan Perpustakaan

Library 2.0 dan Dampaknya dalam Pengembangan Aplikasi dan Layanan Perpustakaan

Dunia PerpustakaaN || Web 2.0 pada dasarnya adalah istilah pemasaran yang diperkenalkan oleh penggiat Internet (komersial dan nonkomersial) untuk menandai tren dan pola penyebaran informasi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tim Berners-Lee selaku penemu web mengatakan bahwa Web 2.0 sebenarkan sudah dirancang ketika web pertama kali digagas. Terlepas dari itu, pola komunikasi web sekarang sudah berubah. Dulu para penyedia layanan web, berlomba membangun pulau-pulaunya sendiri dan menyimpan datanya masing-masing. Walaupun ada interaksi yang tinggi dengan pengguna, tetapi masih sepihak. Jika pengguna ingin berinteraksi ke banyak penyedia layanan, pengguna harus mengingat dan menggunakan banyak kunci. Ini tentu menyusahkan.

Kehadiran Web 2.0 menyebabkan para penyedia layanan web merelakan datanya diakses dan digunakan oleh penyedia layanan lain, misalnya salah satu pengguna aplikasi SLiMS ( http://slims.web.id ) yang menambahkan fitur komentar pada setiap detail cantuman koleksi. Hal ini dimaksudkan agar di setiap detail cantuman katalog, orang bisa saling mengomentari dan pada akhirnya terjadi proses berbagi pengetahuan. Penambahan fitur dapat memanfaatkan layanan gratis dari web bernama disqus.com yang ditempelkan di SLiMS. Pemberian komentar diatur agar pengunjung anonimus dapat memberikan komentar. Pengunjung harus login dengan identity (ID) dari Facebook, Yahoo, Google, OpenID, dan lain-lain.

Tulisan ini membahas tentang Library 2.0, dampaknya bagi layanan konvensional di perpustakaan, dan hal-hal yang bisa dieksplorasi dalam implementasi di perpustakaan secara populer dengan teknologi informasi (TI).

Kata Kunci: Library 2.0

DOWNLOAD FULL TEXT.PDF

Penulis : Hendro Wicaksono (Pustakawan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional RI & Lead Developer Open Souce Senayan Library Management System Project (SLiMS)

sumber || http://www.pdii.lipi.go.id

Iklan
By kerajaan perpustakaan Posted in Artikel Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s