Di Chicago, Printer 3D Tersedia Gratis untuk Pemilik Kartu Perpustakaan

 

Di Chicago, Printer 3D Tersedia Gratis untuk Pemilik Kartu Perpustakaan

Jika di Indonesia mungkin perpustakaan masih dianggap selalu terlambat dalam mengimplementasikan serta memiliki sebuah teknologi terkini, Tapi tidak untuk di perpustakaan di Amerika. Baru-baru ini Harold Washington Library Center, telah membuka laboratorium gratis bagi siapa pun yang ingin mengakses tiga Makerbot 3D printer, pemotong laser dan sebuah milling machine (mesin frais).

Namun, mulai minggu ini, 3D printing akan semudah menggesekkan kartu perpustakaan bagi warga Chicago, Amerika Serikat. Pasalnya, perpustakaan pusat utama kota itu, Harold Washington Library Center, telah membuka laboratorium gratis bagi siapa pun yang ingin mengakses tiga Makerbot 3D printer, pemotong laser dan sebuah milling machine (mesin frais) miliknya.

Sebagaimana dilansir dari the-marketeers.com (21/7/13), Chicago Tribune melaporkan bahwa pihak perpustakaan menerima segala bentuk desain yang ingin dicetak di sana. Mereka pun juga telah memiliki hak penggunaan secara penuh akan ketiga mesin cetak 3D itu. Alhasil, banyak staf perpustakaan bermain-main dengan mesin baru itu, di mana mereka membuat dock iPhone dari kayu, gantungan kunci, hingga satu set papan catur 3D.

Untuk saat ini, uang hibah yang diberikan untuk menjalankan laboratorium tersebut hanya tersedia sampai akhir tahun, sehingga keberadaan laboratorium ini bersifat sementara. Selanjutnya, pihak perpustakaan akan mengevaluasi apakah akan melanjutkan proyek tersebut atau tidak.

Akan tetapi, setelah satu hari laboratorium itu diluncurkan, banyak guru dan pemilik usaha mengirimkan email bertubi-tubi kepada para staf untuk menanyakan bagaimana mereka bisa mengakses mesin tersebut secara gratis. Tak mengherankan jika banyak orang menuliskan kalimat ini dalam emailnya: “Kami mendengar Anda bisa mencetak beberapa benda keren 3D akhir-akhir ini, dapatkah kami menggunakannya?”, kutip Ars Technica, media teknologi AS.

Sumber: Duniaperpustakaan.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s