Manfaat Membaca bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang, membaca hanyalah selingan pengisi waktu senggang. Sementara bagi orang lain, membaca merupakan rutinitas—mereka sengaja menyediakan waktu per minggu atau per hari untuk menjelajahi bacaan yang mereka pilih. Bahkan beberapa orang menyiapkan sebuah daftar buku-buku untuk dilahap sepanjang tahun! Mungkin terdengar berlebihan, tetapi kebiasaan membaca (tentunya selama dilakukan dengan cara yang tepat) rupanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat membaca bagi kesehatan? Berikut ini 4 (empat) di antaranya:

#1 Membaca dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Membaca adalah salah satu kegiatan yang menggunakan kerja otak dan mampu mencegah kerusakan kemampuan kognitif (berpikir). Seperti yang dilaporkan Akademi Sains Nasional Amerika Serikat, orang-orang yang sedikit sekali mempergunakan kemampuan kognitif mereka berisiko tinggi mengidap Alzheimer.

“Sebagaimana kegiatan fisik dapat memperkuat jantung, otot, dan tulang, kegiatan intelektual juga memperkuat ketahanan otak terhadap penyakit,” ungkap Dr. Robert P. Friedland yang menulis laporan tersebut. 

#2 Membaca mampu mempertahankan daya ingat

Seperti yang dikemukakan di #1, membaca adalah salah aktivitas yang melibatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Aktivitas ini rupanya berdampak mengurangi hilangnya daya ingat sampai 30 persen. Hal ini senada dengan penemuan para ilmuwan yang termuat di jurnal Neurology, yang berisi kesimpulan bahwa orang yang sering membaca memiliki kecenderungan lebih rendah untuk mengalami gangguan berpikir di usia lanjut.

#3 Membaca efektif untuk mengurangi stress

Di samping berolahraga, membaca juga terbukti mampu meredakan stress. Hal ini didapat dari penelitian tahun 2009 oleh Dr. David Lewis dari University of Sussex yang menyatakan membaca lebih ampuh dalam mengurangi stress daripada mendengarkan musik, bermain video game, ataupun berjalan kaki.

#4 Membaca membantu mencapai tidur yang lebih baik

 Merasa sulit tidur? Menurut National Sleep Foundation, stress adalah penyebab utama insomnia. Organisasi ini lantas menyarankan penderita insomnia untuk membaca buku sebelum tidur. Dengan demikian, tubuh akan mengenali aktivitas ini sebagai sinyal untuk tidur tidak lama lagi.

Sumber: jawaban.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s