FingerReader, Alat Bantu Baca Untuk Tunanetra

Massachusetts Sejak tahun 1829, ilmuwan asal Perancis bernama Louis Braille menciptakan sebuah huruf yang memungkinkan penyandang tunanetra dapat membaca. Namun sistem huruf buatannya itu hingga kini masih terbatas dan banyak bahan bacaan yang belum masuk edisi `Braille`.

Untuk itu para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan sebuah wearable device atau perangkat yang bisa dipakai di tubuh dengan nama FingerReader. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Selasa (22/4/2014).

Alat berbentuk cincin ini dapat dikenakan di jari tunanetra ketika ingin membaca buku. Melalui kamera yang tersemat di dalamnya, FingerReader akan mendeteksi setiap tulisan di buku dan membacakannya untuk tunanetra melalui speaker internal dengan suara yang cukup lantang.

Para peneliti mengklaim, FingerReader sudah dilengkapi perangkat lunak yang sensitif sehingga mampu mengenali teks dengan akurat, meskipun jarak antara bacaan dengan gerakan jari tunanetra tidak stabil.

Agar bisa digunakan oleh para tunanetra di seluruh dunia, ke depannya mereka berniat untuk menyematkan fitur terjemahan di dalamnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s