Asyiknya, Perpustakaan Kampus Ini Bikin Ruang Tidur Siang

MICHIGAN, AMERIKA SERIKAT – Biasanya, perpustakaan kampus merupakan tempat belajar, mencari buku dan menggunakan komputer. Tetapi, fungsi perpustakaan di University of Michigan, Amerika Serikat (AS) lebih dari itu.

Perpustakaan kampus ini juga dapat digunakan para mahasiswa untuk tidur siang. Salah satu sudut perpustakaan diisi dengan tempat tidur lipat dan bantal. Saat ini, pengelola sudut tidur siang itu sedang mengusahakan loker agar mahasiswa bisa menyimpan barang berharga mereka dengan aman selama tidur.

Sudut tidur siang ini dibuka pertama kali pada musim ujian akhir semester (UAS). Lantas mengapa dibuat di perpustakaan? Menurut keterangan universitas, seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (28/5/2014), ide sudut tidur siang datang dari para mahasiswa. Apalagi mengingat perpustakaan juga dibuka 24 jam sehari sepanjang tahun.

BEM University of Michigan menyurvei lebih dari 4.000 mahasiswa dan menemukan bahwa yang paling dibutuhkan mahasiswa adalah ruang untuk tidur siang. Dan lokasi yang dipandang ideal adalah yang dekat dengan area belajar dan ruang-ruang kuliah. Karena itulah perpustakaan dipilih.

Dalam risetnya, BEM University of Michigan juga membawa pakar dan peneliti tentang tidur Shelley Hershner, M.D. Sang dosen membantu mahasiswa meyakinkan pihak kampus bahwa menyediakan sedikit ruang untuk tidur siang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan performa mahasiswa.

Menurut perwakilan BEM University of Michigan Adrian Bazbaz, membudayakan tidur siang juga merupakan upaya advokasi untuk mendidik mahasiswa tentang bahaya kesehatan akibat tidur terlalu larut malam atau terbiasa kurang tidur.

“Kita membuat berbagai langkah pencegahan terhadap penggunaan alkohol, obat-obatan terlarang atau mengatasi depresi. Tetapi kita belum mencoba menangani isu kesehatan di kampus,” kata Bazbaz.

Ada beberapa aturan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk menggunakan fasilitas tidur siang ini. Di antaranya, mereka hanya memiliki waktu 30 menit untuk tidur. Selain itu, mahasiswa juga harus membereskan tempat tidur mereka setelah selesai digunakan.

Langkah University of Michigan ini mengikuti jejak University of Colorado yang membuka sudut tidur siang di kampus beberapa tahun lalu. Sementara itu, mahasiswa di Harvard University mengajukan ide serupa ke pihak kampus pada 2013.

Sumber: okezone.com

Iklan
By kerajaan perpustakaan Posted in Berita Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s