Pengantar Komunikasi

PENGANTAR KOMUNIKASI

  1. Pengertian komunikasi

Kata komunikasi berasal dari bahasa Latin “communis” yang berarti sama. Hal ini menunjukkan bahwa suatu esensi dalam komunikasi adalah kesamaan pengertian diantara mereka yang berkomunikasi.

Berikut beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli:

Bernard Berelson dan Gary A. Steiner

“komunikasi: transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, fitur, grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi”

Theodore M. Newcomb

“setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, terdiri dari ransangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima”

Carl L. Hovland

“komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan ransangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain”

  1. Unsur-unsur komunikasi

Menurut Harold D. Lasswell (1948) unsur-unsur dalam komunikasi terbagi dalam lima unsur yaitu komunikator, pesan, saluran, komunikan dan efek.

  1. Komunikator, yaitu orang menyampaikan pesan kepada seseorang atau sejumlah orang.
  2. Pesan, yaitu seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator.
  3. Saluran, yaitu sarana atau media yang mendukung pesan bila komunikan jauh tempatnya atau banyak jumlahnya.
  4. Komunikan, yaitu orang yang menerima pesan. Pada komunikan, setelah komunikan menerima pesan dari komunikator maka akan ada feedback (tanggapan langsung) yang diberikan.
  5. Efek, yaitu hasil akhir dari proses komunikasi. Yakni sikap, pendapat atau tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

 

  1. Jenis-jenis komunikasi

Jenis-jenis komunikasi berdasarkan kategori tingkat (level) merupakan kategori paling lazim yang digunakan untuk melihat konteks komunikasi. Dimulai dari komunikasi yang melibatkan jumlah peserta komunikasi paling sedikit hingga peserta komunikasi paling banyak.

  1. Komunikasi antarpribadi

Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung. Baik secara verbal maupun non verbal.

Bentuk khusus dari komunikasi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang melibatkan hanya dua orang seperti suami-istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya.

Ciri-ciri komunikasi diadik adalah: pihak-pihak komunikasi berada dalam jarak yang dekat; pihak-pihak komunikasi menyampaikan dan menerima pesan secara simultan dan spontan, baik secara verbal maupun nonverbal.

  1. Komunikasi kelompok

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya dan memandang satu sama lain sebagai bagian dari kelompok tersebut.

Misalnya: keluarga, tetangga, kawan-kawan terdekat, kelompol diskusi dan sebagainya.

  1. Komunikasi publik

Komunikasi publik (public communication) adalah komunikasi yang dilakukan seorang pembicara kepada sejumlah besar orang (khalayak) yang tidak bias dikenali satu persatu.

Ciri-ciri komunikasi publik adalah: terjadi di tempat-tempat umum seperti auditorium, kelas, tempat ibadah, atau tempat lainnya yang dihadiri sejumlah besar orang.

  1. Komunikasi organisasi

Komunikasi organisasi (organizational communication) adalah komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi, bersifat formal dan juga informal, dan berlangsung dalam suatu jaringan yang lebih besar daripada komunikasi kelompok.

  1. Komunikasi massa

Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) ataupun elektronik (radio, televisi), yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat, anonym dan heterogen.

Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak dan selintas (khususnya media elektronik).

 

  1. Hambatan komunikasi

Terdapat 4 pokok dalam hambatan komunikasi, yaitu gangguan, kepentingan, motivasi terpendam dan prasangka.

  1. Gangguan
  • Gangguan mekanik/tekhnis, yaitu gangguan yang disebabkan saluran komunikasi atau kegaduhan yang bersifat fisik. Misalnya suara ganda atau bunyi mengaung
  • Gangguan semantik, yaitu gangguan yang berkaitan dengan pesan komunikasi sehingga pengertian yang sampai kepada komunikan tidak sama dengan yang disampaikan komunikator
  • Gangguan psikologis, gangguan yang menyangkut faktor kejiwaan yang muncul dalam diri komunikator dan komunikan. Misal: rasa bersalah, malu
  • Gangguan fisik, yaitu gangguan yang disebabkan oleh kondisi tempat ataupun tubuh. misal: warna ruangan, pendengaran kurang
  • Gangguan status, yaitu posisi atau jabatan seseorang. Misal: junior – senior
  • Kerangka berfikir, mempengaruhi komunikan dalam memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator
  • Budaya
  1. Kepentingan

Interest atau kepentingan akan membuat seseorang selektif dalam menanggapi pesan. Seseorang akan memperhatikan pesan yang akan disampaikan apabila ada hubungannya dengan kepentingannya. Hal ini mempengaruhi daya tanggap, pikiran, perasaan ataupun prilaku seorang komunikan.

  1. Motivasi terpendam

Motivasi akan mendorong seseorang berbuat sesuatu yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kekurangannya.

  1. Prasangka

Prejudice atau prasangka merupakan rintangan atau hambatan berat untuk kelancaran komunikasi. Orang yang memiliki prasangka, biasanya memiliki kecernderungan curiga dan menentang komunikator yang hendak menyampaikan pesan, sehingga jarang menggunakan pesan yang rasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s